Wednesday, December 20, 2017

Change & Digital Economy


Seperti biasa, ditiap sesi terakhir semester kami selalu berfoto bersama dosen. Kali ini dimata kuliah Change kami juga berfoto dengan dosen kami, Prof Rhenald Kasali.

Di kuliah ini, kami ditugaskan tiap 1 minggu membaca 3 buku (rata-rata 300 halaman) kemudian membuat file presentasi dan harus selalu siap mempresentasikannya secara individual di kelas. Orang yang akan presentasi akan ditunjuk langsung Prof Rhenald saat itu juga….#degdegserrr!!! 
Jadilah semua orang harus membaca 3 buku tiap minggu, membuat PPT & harus prepared ...siapa tau tiba-tiba ditunjuk untuk maju. 

Bagi saya pribadi ini tantangan berat. Prof Rhenald pernah bertanya pada kami, berapa banyak buku yang anda baca dalam 1 tahun. Kemudian saya menjawab, saya hanya membaca 4 buku tiap tahun. Kemudian dalam hati saya bilang bahwa itupun gak semuanya tamat dibaca…hihi. Sedangkan kali ini saya harus baca 3 buku tebal dalam 1 minggu, berbahasa inggris, dan harus fasih mempresentasikannya di depan kelas…..Didepan para kandidat Doktor UI dan didepan Prof Rhenald tentunya dengan segala tanya jawab & saling argumentasi.


Beberapa buku yang ditugaskan pada kami untuk dibaca diantaranya: Blockchain Revolution (Don Tapscott & Alex Tapscott), Digital Economy (Don Tapscott), Why Nations Fail,  The Innovator’s Solution (Clayton M. Christensen), The Innovator’s Dilemma (Clayton M. Christensen), The Third Wave (Steve Case), Preparing for the Twenty-first Century (Paul Kennedy) dll.
Buku-buku itu bertema ekonomi digital, disruption & inovasi. Bisa dibilang ini actual dengan realitas yang terjadi, dimana era Internet begitu pesat merubah perekomonian bahkan kehidupan manusia hampir disegala dimensi. 


Dari buku itu banyak pelajaran yang bisa diambil, salah satunya telah terjadi perubahan besar dalam perekonomian & bisnis. Banyak perusahaan raksasa terjungkal hanya karena startup kecil yang baru lahir kemarin sore. Mereka yang tidak berubah dan tidak peduli dengan perubahan akan menjadi “old” tergerus dimakan jaman oleh yang ”now”. 


Di akhir kuliah ini Prof Rhenald berpesan pada kami “Apa yang anda pelajari disini bisa aja sudah tidak relevan dalam 4-5 tahun kedepan sebab segala sesuatu akan berubah. Jadi tetaplah membaca dan stay relevant dengan segala perubahaan yang akan terjadi"


#PhDJourney

1 comment:

Pallavi karthi said...

This is a great post. I like this topic.This site has lots of advantage. I found many interesting things from this site. It helps me in many ways.Thanks for posting this again.
Journal Of Computer Science
Journal Of Management
Plagiarism service
Engineering Journal
Journal Of Chemistry