Friday, August 24, 2007

Apa sih Geofisika?????

Geofisika adalah metoda yang mempelajari Bumi dan Batuan menggunakan pendekatan-pendekatan Fisika dan Matematika. Ilmu Geofisika merupakan Ilmu antara Geologi dan Fisika, oleh karena itu konsep-konsep Geologi dan Fisika harus dapat diterapkan pada bidang ini.
Ilmu geofisika memiliki spektrum yang luas, dimulai dari Fisika ujungnya pada Geologi Eksplorasi, malah mungkin masuk ke Domain Tambang dan Petroteur Engineer, Domain yang termasuk “Pure Geophysics” atau “Theoritical Geophysics”, digeluti pada bidang Ilmu Fisika, Ilmu Geofisika yang mempelajari bumi secara umum juga disebut Global geophysics yang mengamati dan menganalisa bumi, interior, gempa, dll, diketahui di bidang lain “Solid Eart Geophysics”. Aplikasi geofiisika unutk eksplorasi disebut Eksploration Geophysics, atau Geofisika eksplorasi atau Geofisika terapan.
Eksplorasi geofisika terdiri dari bermacam-macam metoda, satu sama lain, tergantung besaran yang diukur, macam dan bentuk metoda geofisika eksplorasi tergantung besaran fisis yang akan diukur, cara melakukan eksplorasi dan hasil akhir yang diharapkan. Metode itu teridiri antara lain:
· Metode Gaya Berat
· Metode Geomagnet
· Metode Seismik Refraksi
· Metode Seismik Refleksi
· Metode Geofisika Lubang Bor, terdiri bermacam metoda : Tahanan jenis, potensial diri, potensial terimbas, sonik, metoda gamma ray, metoda neutron, dll.
· Metode Geolistrik Tahanan Jenis
· Metode Geolistrik Potensial Terimbas
· Metode Geolistrik Potensial Diri
· Metoda Radioaktif
· Metoda Elektromagnitek