Friday, August 24, 2007

Metoda-metoda Geofisika

Metoda Seismik merupakan salah satu metoda geofisika yang digunakan untuk eskplorasi sumber daya alam dan mineral yang ada di bawah permukaan bumi dengan bantuan gelombang seismik. Eksplorasi seismik atau eksplorasi dengan menggunakan metode seismik banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan minyak untuk melakukan pemetaan struktur di bawah permukaan bumi untuk bisa melihat kemungkinan adanya jebakan-jebakan minyak berdasarkan interpretasi dari penampang seismiknya.Dalam metoda seismik pengukuran dilakukan dengan menggunakan sumber seismik (ledakan, vibroseis dll). Setelah sumber diberikan maka akan terjadi gerakan gelombang di dalam medium (tanah/batuan) yang memenuhi hukum-hukum elastisitas ke segala arah dan mengalami pemantulan ataupun pembiasan akibat munculnya perbedaan kecepatan. Kemudian, pada suatu jarak tertentu, gerakan partikel tersebut di rekam sebagai fungsi waktu. Berdasar data rekaman inilah dapat ‘diperkirakan’ bentuk lapisan/struktur di dalam tanah (batuan)

Metode Gravity (gaya berat) dilakukan untuk menyelidiki keadaan bawah permukaan berdasarkan perbedaan rapat masa cebakan mineral dari daerah sekeliling (r=gram/cm3). Metode ini adalah metode geofisika yang sensitive terhadap perubahan vertikal, oleh karena itu metode ini disukai untuk mempelajari kontak intrusi, batuan dasar, struktur geologi, endapan sungai purba, lubang di dalam masa batuan, shaff terpendam dan lain-lain. Eksplorasi biasanya dilakukan dalam bentuk kisi atau lintasan penampang. Perpisahan anomali akibat rapat masa dari kedalaman berbeda dilakukan dengan menggunakan filter matematis atau filter geofisika. Di pasaran sekarang didapat alat gravimeter dengan ketelitian sangat tinggi ( mgal ), dengan demikian anomali kecil dapat dianalisa. Hanya saja metode penguluran data, harus dilakukan dengan sangat teliti untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Metode Magnetik (geomagnet)
dilakukan berdasarkan pengukuran anomaly geomagnet yang diakibatkan oleh perbedaan kontras suseptibilitas, atau permeabilitas magnetik tubuh cebakan dari daerah sekelilingnya. Perbedaan permeabilitas relatif itu diakibatkan oleh perbadaan distribusi mineral ferromagnetic, paramagnetic, diamagnetic.
Umumnya tubuh intrusi, urat hydrothermal kaya akan mineral ferromagnetic(Fe3O4, Fe2O3) yang memberi kontras pada batuan sekelilingnya. Metode ini sensitive terhadap perubahan vertical, umumnya digunakan untuk mempelajari tubuh intrusi, batuan dasar, urat hydrothermal yang kaya akan mineral ferromagnetic, struktur geologi. Dan metode ini juga sangat disukai pada studi geothermal karena mineral-mineral ferromagnetic akan kehilangan sifat kemagnetannya bila dipanasi mendekati temperatur Curie oleh karena itu digunakan untuk mempelajari daerah yang dicurigai mempunyai potansi Geothermal.
Metode eksplorasi disukai karena data acquitsition dan data proceding dilakukan tidak serumit metoda gaya berat. Penggunaan filter matematis umum dilakukan untuk memisahkan anomaly berdasarkan panjang gelombang maupun kedalaman sumber anomaly magnetic yang ingin diselidiki. Di pasaran banyak ditawarkan alat geomagnet dengan sensitifitas yang tinggi seperti potongan PROTON MAGNETOMETER dan lain-lain.

Metoda geolistrik adalah metoda eksplorasi geofisika yang kompleks karena terdiri dari bermacam-macam metoda. Diantaranya metode tahanan jenis (resisitivity), metode potensial diri (self potential), metoda potensial terimbas (induced potential), metoda misse a la masse, metode potensial dan lain-lain.

Metode tahanan jenis (resistivity) ini dilakukan berdasarkan perbadaan harga tahanan jenis batuan yang terdapat pada daerah yang ingin diselidiki. Metoda ini mempunyai dua pendekatan yaitu:

Ø Pendekatan Horizontal (sounding)

Ø Pendekatan Vertikal (profiling)

Umumnya metoda tahanan jenis ini dilakukan dengan memasukkan arus listrik ke dalam tanah, lalu mengukur potensial yang timbul akibat adanya perbedaan tekanan jenis batuan. Aturan yang digunakan umumnya aturan elektroda Wenner atau Schlumberger. Makin jauh rentang elektroda arus, makn dalam penetrasi pendugaan yang dihasilkan.

16 comments:

tans`area said...

q butuh info interpretasi metode gravity ttg pemisahan anomali regional dan residual ( polinomial fitting dan kontinuitas )..mohon bantuannya ya...thanks..

Anonymous said...

Terima kasih atas informasi menarik

Anonymous said...

Hi! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers?
My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing many
months of hard work due to no backup. Do you have any solutions
to prevent hackers?

Feel free to surf to my webpage :: online backup storage
My webpage - online backup review

Anonymous said...

Hi there colleagues, fastidious post and pleasant urging commented at this place, I am actually enjoying
by these.

Also visit my blog post - insomnia atlanta
Here is my webpage insomnia symptoms

Anonymous said...

We're a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your site offered us with valuable info to work on. You have done a formidable job and our whole community will be thankful to you.

Also visit my web page ... insomnia krit
My site :: insomnia the movie

Anonymous said...

Since the admin of this site is working, no doubt very shortly it will be
well-known, due to its feature contents.

my web site: insomnia 411 lyrics
my website :: insomnia quotes

Anonymous said...

I every time spent my half an hour to read this weblog's articles or reviews all the time along with a cup of coffee.

My web-site - free online backup
Feel free to surf my blog online backup solution

Anonymous said...

I appreciate, cause I found exactly what I used to be taking a look
for. You have ended my 4 day lengthy hunt! God Bless
you man. Have a great day. Bye

Feel free to visit my web page - wikicanarias.com

Anonymous said...

Your mode of telling everything in this post is truly nice, every one be capable of easily understand it, Thanks
a lot.

my web blog: atkinson diet

Anonymous said...

If some one needs to be updated with most up-to-date technologies after that
he must be go to see this web site and be up to date daily.


My web blog :: nahrungsmittel online kaufen

Anonymous said...

Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this write-up
and also the rest of the site is really good.

my blog - weight loss plan

Anonymous said...

Pretty! This has been a really wonderful article. Thank
you for supplying this info.

My weblog: Steinzeit Diät Erfahrungen

Anonymous said...

Keep on working, great job!

Have a look at my site :: paleo diät schädlich
my webpage :: diät frühstück rezepte

Anonymous said...

I was more than happy to discover this site. I wanted to thank
you for your time due to this fantastic read!!
I definitely appreciated every bit of it and I have you saved to fav to see
new information in your web site.

Here is my weblog; wordpress grundlagenkurs

Anonymous said...

I loved as much as you'll receive carried out right here. The sketch is attractive, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get got an edginess over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same nearly very often inside case you shield this increase.

Here is my web blog; best invest

Anonymous said...

electronic cigarette starter kit, smokeless cigarettes, electronic cigarette, electronic cigarettes, smokeless cigarettes, electronic cigarette starter kit